Wednesday, November 4, 2015

ASAL-USUL NAMA DESA SEMUNTAI


Semuntai adalah nama sebuah Desa yang berada di Kecamatan Long ikis Kabupaten Paser. Seperti nama-nama kampung di wilayah Paser kebanyakan, nama dari wilayah tersebut biasanya mengambil nama dari sungai yang berada didaerah tersebut. Begitu pula dengan nama Desa Semuntai yang diambil dari nama sungai Semuntai.

        Pada awal mulanya, sungai Semuntai tidak memiliki nama seperti sekarang. Pada zaman dahulu daerah itu lebih dikenal dengan nama “Selang”. Selang sendiri berasal dari nama anak sungai yang juga bermuara pada sungai Semuntai saat ini. Selain infomasi yang didapat dari penduduk setempat, nama daerah tersebut lebih dikenal dengan Selang bisa dibuktikan dari beberapa penuturan  saksi sejarah yang pada zaman dahulu sudah melakukan perdagangan di wilayah sungai tersebut. Para pedagang itu lebih cepat mengenal nama “Selang” ketimbang nama “Semuntai”.
Jika kita melihat sejarah lebih jauh lagi, di daerah Semuntai sekarang ini dahulu juga ada dikenal nama daerah yang disebut dengan "Padang Kero". Di tempat tersebut pula dahulu pernah ada atau berdiri kerajaan dengan nama yang sama (Padang Kero) yang pernah dibangun oleh orang Paser pada masa lampau.

        Kembali pada nama sungai Semuntai. Dahulu kala daratan ditepi-tepi sungai tersebut sangat banyak pohon buah “Munte”. Munte sendiri adalah bahasa suku Paser untuk menyebut jeruk/limau dengan jenis tertentu. Buah Munte yang ada didaerah sungai tersebut sangat terkenal manis-manis dan bagus-bagus buahnya. Hal tersebut membuat banyak warga sekitar maupun dari kampung sebelah yang mengambil, mengumpulkan atau meramu buah Munte tersebut. Kegiatan mengambil/mengumpulkan/meramu buah Munte itu  dalam bahasa Paser disebut “Semunte”.
Jadi ketika sseorang hendak ketempat tersebut dan ditanya oleh orang yang berbeda, kira-kira percakapannya sebagai berikut;
        Ma’ Liot : “Kakan po mone iko?” (mau kemana kamu?)
        Ropa      : “ Kakan po semunte”. (mau mencari/meramu munte)
dengan mengatakan kata “Semunte” tersebut, pasti pahamlah orang bahwa ia akan pergi ketempat yang sekarang dinamakan “Semuntai” itu. Akhirnya lama-kelamaan nama sungai didaerah itu disebut atang semunte atau sungai semunte.
   Buah Munte

Pada perkembangannya daerah tersebut mulai berkembang menjadi daerah pemukiman penduduk yang lebih luas. Banyak para pendatang dari luar daerah yang juga bermukim di daerah itu . dan hal itu juga berpengaruh pada penyebutan “Semunte” menjadi “Semuntai” bahkan ada yang menyebut “Samuntai”.
        Demikianlah asal-usul nama Desa Semuntai yang dihimpun dari keterangan penduduk lokal dan sumber lain yang melengkapi. Nama Desa Semuntai pada awalnya memang bernama “Semunte”.   


*Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar-luaskan artikel ini, namun Anda harus menyertakan link hidup dari artikel ini sebagai sumbernya. Mohon kerjasamanya dalam sedikit menghargai hasil karya dari Penulis.
Tabe....
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment