Friday, October 3, 2014

Fhoto-Fhoto Seputaran Wilayah Paser & PPU ( Lensaku )

Suatu Potret biasanya akan sangat bernilai jika kita melihatnya sudah sangat jauh dari waktu pengambilan gambar tesebut. Akan ada perubahan yang terlihat atau ada kesan makna yang tersirat saat kita memandangnya. Sebuah potret mampu menampilkan sebuah cerita suatu keadaan yang terperangkap dalam sebuah photo.

     Berikut ini penulis mencoba berbagi gambar-gambar yang diambil di beberapa daerah di wilayah Kabupaten Paser & Kababupaten PPU. Jangan membahasa soal kualiatas photo yang super, karena saya juga  masih kelas amatir dalam pengambilan beberapa gambar, bahkan sebagian merupakan hasil Spyshoot... hehehe.

cekibrooooooot gan..........*

08/03/2012. Saya lupa nama daerah ini, saat itu kami melewati desa Suliliran Kab. Paser menuju SP. Mungkin masih masuk dalam desa Suliliran. *Mohon maaf jika salah.

 08/03/2012. Salah satu jembatan gantung Sunge lumut. uniknya jembatan gantung ini, pengendara diseberang tidak bisa melihat pengendara lain diseberangnya dengan arah berlawanan, sehingga ketika dua mobil sama-sama sedang menyeberang dari arah berlawanan harus ada salah satu yang mengalah yang artinya harus mundur kembali.

08/03/2012. Tugu simpang tiga daerah atang Belebak, Desa Suliliran Kec. P Belengkong.

08/03/2012. Masjid ini berada di daerah yang sama tidak terlalu jauh dari tugu diatas.

 Aslinya sebelum di B&W dan jadi seperti dibawah ini;

 18/04/2013. Museum Sadurengas. Benuo', Paser Belengkong.

 18/04/2013. Makam Raja-raja. Benuo' Paser Belengkong.

23/04/2012. Sungai Kendilo, diambil dari atas jembatan.

23/04/2012. Jembatan sungai kandilo. Tana Paser.

23/04/2012. Tana Paser/ Tanah Grogot. Ungu-ungu kinyisss-kinyiiiis....

23/04/2012. Penampakan masjid Agung Nurul Falah dari jembatan.

23/04/2012. Siring dan jembatan sungai Kandilo.

04/07/2012. Tuh taman ada bunga mawar raksasanya. entah apakah ada sangkut pautnya dengan tradisi suku Paser pada bunga tersebut. Gambar diambil dari Kandilo Plaza.

04/07/2012. Gapura selamat datang di Tana Paser/Tanah Grogot dengan latar belakang taman lembayung.


01/07/2014. Kandilo Plaza. Tana Paser, Kabupaten Paser.


01/07/2014. Masjid Agung Nurul Falah.

01/07/2014. Terminal kota Tana Paser. Entah apakah terminal ini masih beroperasi atau tidak. tampak bangunannya lusuh tak terawat, hanya keagungan warna ungunya saja yang masih nampak jelas.

01/07/2014. Jika berkunjung ke Tana Paser jangan lupa membeli buah tangan seperti sagu, petis, dan lain-lainya. Dipasar Senaken banyak sekali pedagang yang menjual sagu dan petis, namun jika sedang buru-buru dan tidak mau masuk ke dalam area pasar Senaken, penjual dipinggir jalan seperti ini bisa jadi alternatif. Lokasi tidak jauh dari pasar Senaken. Pada gambar tersebut kakak sedang membeli sagu pesanan ine' dirumah.

01/07/2014. Jembatan Lolo. Jembatan ini adalah jalan layang dimana dibawahnya ada jalur perusahaan batu bara.

01/07/2014. Akses masuk ke jalur perusahaan batu bara PT. KIDECO JAYA AGUNG Desa Lolo.



01/01/2014. Suasana Pemancingan Warip, Padang Jaya kecamatan Kuaro. Bagi yang hobi mancing dan hobi makan ikan, tempat ini sangat cocok untuk didatangi.

23/04/2012. Rangan. Tanjakan perbatasan Rangan dengan Pekasau. Kasian sekali nasib ine'-ine' dan anaknya ini, mereka berdua terhimpit oleh dua tas yang terikat dibelakang dan badan si pebonceng. Sebenarnya nasib kedua tas yang terikat dibelakang itu juga terancam mau jatuh. Hati-hati dijalan ine', uma' , okong.... semoga selamat sampai tujuan.

 07/04/2012. Perigi. Jl Pangeran Panji desa Semuntai Kecamatan Long ikis. Kabupaten Paser.

27/09/2012. Atang Lembok Loyu Batu.



25/09/2012. Jembatan Pipa, atang Lembok. Jembatan ini dibuat oleh pihak pertamina agar lebih memudahkan akses menyeberangi sungai Lembok untuk pengecekan atau perbaikan pipa mereka. oleh masyarakat sekitar jembatan ini juga menjadi akses penyeberangan ketika tidak punya perahu dan kondisi air sungai juga sedang besar. Selain tempat penyeberangan, jembatan yang terbuat dari pipa besi diameter besar ini juga sering dijadikan tempat memancing.




05/08/2013. Tepian Sungai Lembok. Di tepian ini adalah tempat berlabuhnya perahu-perahu masyarakat yang kembali dari mencari ikan, udang, kepiting dan lain sebagainya.


 17/06/2012. Jembatan Sei Lembok. Jembatan yang membatasi antara Perigi dan Desa Lembok ini punya historis sebagai tempat nongkrong/Kongkow-kongkow anak muda diantara akhir tahun 90'an - awal 2000'an. Pada saat bulan Ramadhan setelah selesai waktu sahur, jembatan ini menjadi tempat berkumpulnya muda-mudi. bahkan ada yang sengaja membawa soundsystem menggunakan gerobak dorong ketempat ini.
Dan saat menjelang waktu berbuka puasa, tempat ini juga menjadi ajang kebut-kebutan roda dua. Seiring waktu berjalan, kini setiap bulan Ramadhan tempat ini tidak seramai zaman dulu lagi. Selain sudah banyak korban Lalin dari kebut-kebutan, beberapa aktivitas anak-anak muda yang datang ditempat ini membuat resah warga sekitar, oleh sebab itu tak jarang warga sekitar marah dan membawa sebilah parang sebagai suatu bentuk ancaman peringatan.


02/08/2012. Atang San. Sungai San ini masih masuh wilayah desa Semuntai, hanya saja lebih ke bagian hulu. Sungai ini dibagian hilirnya terhubung dengan sungai Lembok.


18/03/2013. Desa Lembok. Pada gambar kedua adalah perempatan jalan perusahaan yang lebih dikenal dengan "Simpang Lembok".



16/08/2013. Simpang Pait. Simpang Pait ini bisa dikatakan sebagai pusat perniagaan untuk kawasan kecamatan Long ikis. Selain terdapat banyak pertokoan, disini juga ada pasar pagi dan dua kali pasar besar yang digelar pada hari Minggu dan Kamis. Pada photo tersebut diambil saat penyelengaraan pawai karnaval tujug belasan yang selalu diadakan setiap tahunnya.


18/03/2013. Long ikis. Sungai ini menjadi daerah yang sangat ramai dahulu kala. Transportasi air merupakan pilihan utama sebagian besar masyarakat, karena pada masa itu sangat jarang bahkan sulit sekali menemukan transportasi darat sehingga akses yang termudah hanyalah melalui jalur air. Hal tersebutlah yang memunculkan pusat keramaian dibeberapa aliran sungai besar yang berada di wilayah Paser dan sekitarnya.

02/07/2012. Long Ikis. Kantor Kecamatan Long Ikis.


 
18/03/2013. Long Kali. Pada gambar pertama adalah SMA N 1 Long Kali. lanjut ke jembatan Long Kali, dan bangunan puskesmas Long Kali. Hehehe.... kembali lagi ungu-ungu manis rasa anggur. Yang terakhir adalah Lapangan sepak bola Long kali yang sedang bersiap untuk penyelenggaraan MTQ.


24/10/2013. Kalau ini saya belum tahu nama daerahnya, hanya saja ini masih sangat dekat dengan daerah Gunung intan, Babulu . PPU.

20/12/2013. Gunung Intan. Kantor desa Gunung intan kecamatan Babulu. Kabupaten Penajam Paser Utara. Jika melihat bentuk atap bangunannya, sepertinya daerah ini dominan penduduknya adalah warga transmigrasi dari Jawa.

20/12/2013. Gunung Intan. SMPN 3 PPU Kecamatan Babulu.

30/04/2012. Sebakung Jaya. Selamat datang di Sebakung Jaya, kecamatan Babulu Kabupaten PPU. Didaerah ini kita bisa memangdang puas lahan persawahan dimana-mana. Adapula kanal-kanal besar dipinggiran jalannya yang banyak dimanfaatkan warga untuk memancing, menjala ikan dan lain sebagainya.

 28/07/2014. Maruat, kecamatan Long Kali. Kabupaten Paser. Disini kalo enggak kebun kelapa, ya... area empang ikan/udang yang akan banyak kita jumpai.



20/08/2012. Labangka. Nampak beberapa pengendara motor yang sedang beradu kecepatan karena tak ingin makan debu. kondisi jalan yang sedang dalam proses perbaikan ini menyebabkan debu jalanan sangat tebal dan pekat, sehingga para pengendara berlomba-lomba siapa yang terdepan. Yang pastinya mereka masih dibelakang saya... hehehe... Betapa malangnya mereka yang ada dibelakang sana, pasti badan penuh dengan debu macam barang antik nan tua yang ada didalam gudang berabad-abad.


18/03/2013. Dalam taxi colt Kuaro-Penajam. Jenis angkutan masal yang penumpangnya kadang melebihi kapasitas yang seharusnya. Beruntung pada saat itu penumpangnya lagi sepi... Hheehe,,, jadi masih bisa sesuka hati selonjoran.



 18/03/2013. Penajam. Kawasan gedung pemerintahan daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Gapura kearah Rumah Sakit. Masjid Islamic centre yang masih dalam proses pembangunan. Hingga kejadian kecelakaan motor yang membuat ringsek. Entak bagaiman nasib si pengendaranya.



08/09/2013. Terminal Penajam. Ayo... Ojek...ojekkkk..... siapa yang mau naik ojek. ojek mba' ojek mas...
hehee... disinilah kita bisa melihat sengitnya para ojeker menawarkan jasa mereka.


23/05/2014. Penajam. Pelabuahan speed boat dan pelabuhan kapal fery.

05/01/2014. Nah... ini juga saya kurang tahu nama daerahnya, yang pastinya ini sudah dekat dengan HTI Itci kabupaten Penajam Paser Utara.


18/09/2009. Olong Lembok. Muara sungai Lembok.


01/01/2007. Atang Aper. Kabupaten Paser Suatu ketika pernah mencoba menjalani kehidupan sebagai orang pesisir. Mencari kepiting diempang, merasakan mandi dengan air asin setiap hari dengan hanya segayung air tawar saat menyelesaikan mandi. Air tawar begitu berharga disini. Apalagi jika lama tak turun hujan. Photo tersebut adalah proses membawa air diatas air dari sebuah sumber air tawar yang menempuh jarak lumayan jauh. Jaringan telpon seluler masih agak sulit disini, dan tentunya sumber daya listrik untuk pengecasan hp pun mesti menunggu saat sholat jum'at. Pada saat sholat Jum'at bejibun dah tuh hape nangkring dicolokan listrik masjid yang juga masih menggunakan mesin genseat. Penduduk disini juga terdiri dari berbagai macam suku, Ada Paser, Bugis, Sunda dan lain sebagainya. Sungai Aper ini lumayan besar, dan buaya disini juga besar-besar gan...... disinilah untuk pertama kali saya melihat langsung buaya yang berenang dengan mata kepala saya sendiri, awalnya kan cuma bisa liat di tipi-tipi doank.... buayanya sering masuk empang warga lagi, apalagi empang yang memang membendung suatu anak sungai. DAH.. Cocok tuh, pasti ada buayanya didalam. banyak buaya katanya sih banyak juga ikannya... eh. kebalik ya katanya banyak ikan itu pasti ada buayanya.. jika pas air pasang kita bisa melihat ikan kakap batu/kakap yang warna kehitaman berenang kesana kemari dibawah pondokan. Waaaahhhhh.... jadi pengen sekali rasanya ikan itu segera pindah keatas bara api dan langsung dipanggang.
Sayangnya banyak sekali photo-photo dokumentasi saat itu banyak yang hilang tak terselamatkan. Entah kenapa hal tersebut bisa terjadi, saat ingin memindahkan ke netbook memorynya sudah tak terbaca lagi.



29/04/2012. Sekunder 8. Masih dalam kecamatan Babulu kabupaten Penajam Paser Utara.

 20/12/2013. Kantor Kepala Desa Rawa Mulia, Kecamatan Babulu. Kabupaten Penajam Paser Utara.


Dah ,, segitu aja dulu gan untuk sementara. Nanti akan saya coba publish lagi tempat-tempat yang lainnya. masih sangat luas dan tentunya masih banyak karakteristik unik dimasing-masing tempat.
Sampai bertemu di postingan selanjutnya....
~Tabe.......

6 comments:

  1. Share Foto foto Goa Di PPU bang Daerah Labangka & Waru lagi gencar ditelusuri Pemerintah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti dilain waktu semoga bisa explore PPU juga... ditampung dulu ya gan,,,

      Delete
  2. simpang tanah kelahiran saya :( belum bisa pulang ke simpang ,,

    trims udah share

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga diwaktu yang datang ada agannya punya kesempatan pulang ke tanah kelahirannya... ^_^ . simpang Pait sudah banyak sekali perubahannya sekarang..

      Delete
  3. terimakasih untuk fotonya, untuk nostalgia !! tp kl ada yg lbh tempo dl dong fotonya, kayak thn 90an gt !!! makasih

    ReplyDelete
  4. Wah kantor desa Rawa Mulia dulu kering kerontang, sekarang sudah lebat dgn tumbuhnya pepohonan.

    ReplyDelete