Tuesday, August 23, 2011

PERIGI

Perigi adalah nama sebuah dusun RT 07 di desa semuntai kecamatan long ikis kabupaten paser. penduduk aslinya adalah suku Paser.

 ini merupakan fhoto Perigi masa lampau (sekitar:1980-1989) belum ada sumber yang jelas tahun berapa fhoto ini diambil.

pada saat ini terlihat Perigi belum di dominasi oleh kelapa sawit, pada saat itu warga masih banyak mengandalkan pertanian skala kecil dan mencari rotan. warga sekitar masih banyak memanfaatkan hamparan sawah yang cukup luas dan membuka hutan untuk berladang. Dalam kegiatan berladang tersebut, warga dominan menanam padi, namun selain itu para warga juga menanam jagung, ubi kayu/tela, serta beberapa jenis sayuran lainnya seperti, bayam(beriri) jabung( sejenis sawi kecil yang rasanya sedikit pahit). Selain di bidang pertanian para penduduk juga banyak memanfaatkan hasil dari sungai-sungai yang ada di sekitar Perigi. beberapa warga turun ke muara sungai Lembok untuk menangkap ikan(esa), udang, kepiting(puya) dan hasil laut lainnya. sebagian besar warga masih menggunakan alat tangkap ikan yang tradisional serta menggunakan perahu (biduk) dayung. namun dengan perkembangannya zaman, kini sebagian warga sudah melengkapi perahu mereka dengan mesin, sehingga perjalanan mereka ke muara lebih cepat.

Dibawah ini merupakan potret Perigi saat sawah-sawah yang hijau masih belum berubah menjadi perkebunan kelapa sawit. Gambar ini diambil bekisaran pada tahun 1995-1997.
Begitu indah mata memandang hamparan sawah nan hijau, pohon-pohon masih tampak kokoh menghias bibir aliran sungai Lembok yang menjadi tempat satwa uwa-uwa(kelawot) sering bercengkrama dan melengkingkan suara saat fajar tiba.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment